Pengertian Da'i


Kata da'i berasal dari bahasa arab bentk mudzakar (laki - laki), yang berarti orang yang mengajak, kalau muanas (perempuan) disebut da'iyah. Dalam kamus bahasa Indonesia da'i di artikan "orang yang pekerjaannya berdakwah, pendakwa: melalui kegiatan berdakwah para da'i menyebaluaskan ajaran islam. 

Dengan kata lain da'i adalah orang yang mengajak kepada orang baik secara langsung atau tidak langsung, melalui lisan, tulisan, atau perbuatan untuk mengamalkan ajaran-ajaran islam atau menyebar luaskan ajaran islam, melalukan upaya perubahan kepada kondisi yabg lebih baik menurut ajaran islam.

Baca Juga: Fungsi Komunikasi

Da'i ibarat seorang pemandu terhadap terhadap orang-orang yang igin mendapat keselamatan di dunia dan akhirat. Ia adalah petunjuk jalan yang harus mengerti dan memahami terlebih dahulu mana jalan yang harus dilalui dan yang tidak boleh dialaui oleh seorang muslim, sebelum dia menjadi petunjuk bagi orang lain.

Da'i dalam prespektif ilmu komunikasi dapat dikategorikan sebagai komunikator yang bertugas menyampaikan informasi dari sumber melalui saluran yang sesuai pada komunikan. Karena Komunikator yang baik adalah komunikator yang mampu menyampaikan imformasi atau pesan kepada komunikan.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Da'i"

Post a Comment