Surga Kelas Ekonomi


Diriwayatkan oleh Muslim, dari Abdullah bin Masud, Rasulullah bersabda, Saya sudah tahu siapakah yang terakhir keluar dari neraka dan yang terakhir masuk surga. Ada seorang yang keluar dari neraka dengan merangkak. Allah kemudian berfirman kepadanya, Pergilah dan masuklah ke dalam surga. Orang itu kemudian pergi menuju surga sambil berangan-angan bahwa surga telah penuh, orang itu lalu kembali lagi, Wahai Tuhanku, saya mendapati surga telah penuh. Allah lalu berfirman kepadanya, Pergilah ke surga, engkau akan mendapatkan sepuluhkali lipat luas dunia. Orang itu berkata, Apakah Engkau mengolok-olokku? Dan Engkau adalah Raja segala Raja. Ibnu Masud melanjutkan, Dan saya melihat Rasulullah tertawa hingga nampak kedua gigi gerahamnya. Dan itu adalah para penghuni surga kelas paling bawah. Perkataan orang tersebut bukan karena dia tidak percaya kepada Allah tetapi disebabkan karena sangat gembiranya akan menerima karunia sebesar itu. Sebuah karunia yang sama sekali tidak pernah terdetik di dalam hatinya. Ini sama dengan kasus yang diriwayatkan oleh Muslim tentang seseorang yang kehilangan tunggangannya di tengah gurun pasir, setelah dia putus asa dan sudah yakin bahwa dia akan binasa di tengah gurun tiba-tiba dia menemukan kembali onta tunggangannya, langsung saja orang tersebut memuji kebesaran Allah dan berkata, Ya Allah, Engkau adalah hambaku dan saya adalah Tuhan-Mu. Begitu gembiranya sehingga dia salah ucap.

Dalam riwayat yang lain disebutkan, Yang terakhir masuk surga adalah seseorang yang berjalan diatas shirat, kadangkala berdiri tegak dan kadangpula merangkak dan kadangkala badannya dijilat oleh api jahannam. Setelah dia berhasil melewati shirat, dia menoleh ke arah jahannam dan berkata, Maha suci Dia yang telah menyelamatkan diriku darimu, Allah telah memberiku karunia yang tidak pernah diberikannya kepada seorangpun, baik kepada umat yang terdahulu maupun kepada umat yang terakhir. Orang tersebut kemudian mengangkat kepalanya sehingga dia melihat sebatang pohon, diapun berkata, Wahai Tuhanku, dekatkanlah saya kepada pohon itu supaya saya bisa berteduh di bawahnya dan mereguk airnya. Allah berfirman kepadanya, Wahai Anak Adam, kalau Aku memenuhi permintaanmu itu pastilah engkau akan meminta yang lainnya. Orang itu berkata, Wahai Tuhanku, saya berjanji tidak akan meminta yang lainnya. Allah kemudian memenuhi permintaan orang tersebut karena Dia melihatnya sudah tidak sabar lagi. Allah kemudian mendekatkan orang tersebut ke bawah pohon itu sehingga dia bisa berteduh di bawahnya dan mereguk airnya. Tiba-tiba orang itu melihat sebatang pohon yang lain, yang lebih bagus dari yang pertama, diapun memohon kepada Allah sekali lagi, Wahai Tuhanku, dekatkanlah saya ke pohon itu supaya saya bisa berteduh di bawahnya dan mereguk airnya dan saya berjanji tidak akan meminta yang lainnya lagi. Allah berfirman kepadanya, Wahai Anak Adam, kalau Aku memenuhi permintaanmu, membawamu ke bawah pohon itu pastilah engkau akan meminta yang lainnya. Orang tersebut berkata, Saya tidak akan meminta yang lainnya. Orang itu lalu berjanji kepada Tuhannya untuk tidak meminta yang lainnya. Allah memenuhi permintaannya karena Dia melihatnya sudah tidak sabar lagi untuk mendekat ke pohon tersebut tetapi ketika dia telah di dekatkan ke pohon tersebut dia melihat sebatang pohon di pintu gerbang surga yang lebih bagus dan lebih rindang daripada pohon pertama dan kedua, dan dia kembali memohon untuk di dekatkan kepadanya, dan Allah kembali mengabulkan permohonannya, dari bawah pohon itu dia mendengar suara gelak tawa dan canda riang para penghuni surga. Dia kemudian berkata kepada Allah, Wahai Tuhanku, masukkanlah saya ke dalam surga. Allah berfirman kepadanya, Wahai Anak Adam, alangkah penipunya engkau! Puaskah engkau apabila Aku memberimu seperti dunia dan ditambah duakali lipat lagi?. Orang itu lalu berkata, Wahai Tuhanku apakah Engkau mengolok-olokku? Dan Engkau adalah Tuhan semesta alam. Ibnu Masud lalu tertawa sambil bertanya, Apakah kalian tidak mau bertanya kenapa saya tertawa. Merekapun lalu bertanya, Kenapa Anda tertawa?. Dia menjawab, Begitulah saya melihat Rasulullah tertawa. Kami lalu bertanya, Kenapa engkau tertawa wahai Rasulullah?. Rasulullah menjawab, Saya tertawa dengan tertawa Tuhan semesta alam, Dia berkata, Aku tidak mengolok-olokmu tetapi Aku Maha Kuasa melakukan apa yang Aku kehendaki.

Diriwayatkan oleh Hasan Al-Bashri, Rasulullah bersabda, Sesungguhnya penghuni surga yang paling rendah akan mengendara.i seekor kuda dari yaqut merah dan bersayap emas dengan diiringi oleh beribu-ribu pelayan yang mengabdi kepadanya, apabila engkau melihatnya pastilah engkau akan melihat sebuah kenikmatan dan kerajaan yang besar.

Diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah bersabda, Musa bertanya kepada Tuhannya, dia berkata, Wahai Tuhanku, seperti apakah penghuni surga yang paling rendah?. Allah berfirman, Yaitu seorang yang masuk surga setelah semua orang masuk ke dalam surga, Allah lalu berfirman kepadanya, Masuklah ke dalam surga!. Orang itu lalu menjawab, Wahai Tuhanku, bagaimana saya bisa masuk? Sedangkan semua orang telah menempati tempatnya masing-masing. Allah berfirman kepadanya, Maukah engkau apabila Aku memberimu tempat seluas wilayah maharaja dunia?. Orang itu menjawab, Saya mau. Allah berfirman, Engkau akan mendapatkannya dan ditambah duakali lipat lagi, duakali lipat lagi, duakali lipat lagi. Dan pada yang kelima orang tersebut berkata, Saya mau. Allah lalu berfirman kepadanya, Engkau akan mendapatkannya dengan ditambah sepuluhkali lipat yang serupa dengannya, engkau juga akan mendapatkan apa yang engkau inginkan. Orang itu berkata, Saya mau. Musa bertanya, Wahai Tuhanku, lalu siapakah para penghuni surga yang paling tinggi?. Allah berfirman, Mereka adalah yang Aku balas kehormatan mereka dengan tangan-Ku, mereka akan menerima apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak pernah terdetik dalam hati.

Diriwayatkan oleh Bukhori, Rasulullah bersabda, Sesungguhnya orang yang paling terakhir keluar dari neraka dan yang paling terakhir masuk ke surga akan keluar dari neraka dengan merangkak. Allah lalu berfirman kepadanya, Masuklah ke surga!. Orang itu menjawab, Wahai Tuhanku, surga telah penuh. Orang itu terus menjawab seperti itu sampai tiga kali bahwa surga telah penuh. Allah lalu berfirman, Engkau akan mendapatkannya seluas sepuluh kali lipat dunia.

Dalam riwayat yang lain disebutkan, Sesungguhnya penghuni surga yang paling rendah akan mendapatkan tujuh istana, istana dari emas, istana dari perak, istana dari permata, istana dari zamrud, istana dari yaqut, istana yang berwarna sama dengan warna Arsy dan istana yang tidak bisa dilihat oleh mata, pada setiap istana terdapat pakaian, perhiasan dan bidadari-bidadari yang jumlahnya tidak ketahui selain oleh Allah.

Diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah bersabda, Penghuni surga yang paling rendah akan melihat-lihat tamannya dan segala kenikmatan serta kesenangannya selama perjalanan seribu tahun dan sesungguhnya penghuni surga yang paling tinggi adalah mereka yang bisa melihat wajah Tuhannya pagi dan petang.

Mujahid berkata, Penghuni surga yang paling rendah akan berjalan-jalan mengelilingi kerajaannya selama seribu tahun sehingga dia melihat batasnya yang paling jauh sebagaimana dia melihat batas yang paling dekat.

Wallahua'lam

Related Posts:

1 Response to "Surga Kelas Ekonomi"

  1. numpang promote ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete