Teman Bergaul


Perumpamaan Teman

إِنَّمَا مَثَلُ الْجَلِيْسِ الصَّالِحِ وَجَلِيْسِ السُّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيْرِ. فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُّحْذِيَكَ, وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيْحًا طَيِّبَةً. وَنَافِخُ الْكِيْرِإِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيْحًا مُنْتِنَةً.
“Sesungguhnya perumpamaan teman yang baik dan yang jahat ialah bagaikan penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Bila berteman dengan penjual minyak wangi; mungkin ia memberimu, atau engkau membelinya, atau paling tidak engkau akan mendapatkan harumnya. Sedangkan berteman dengan pandai besi; bajumu akan terpercik api, atau paling tidak engkau akan mendapat bau yang tidak enak. (HR. Muttafaq Alaih).

إِنَّ الشَّيْطَانَ ذِئْبُ اْلإِنْسَانِ كَذِئْبِ الْغَنَمِ, يَأْخُذُ الشَّاةَ الْقَاصِيَةَ وَالنَّاحِيَةَ. فَإِيَّاكَ وَالشُّعَابَ, وَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةَ وَالْعَامَّةِ وَالْمَسْجِدِ.
“Sesungguhnya syetan itu serigalanya manusia, seperti serigala memangsa domba yang keluar dari kelompoknya dan terpencar. Maka hati-hatilah engkau, jangan menyendiri. Engkau harus bersama jamaah (orang berilmu), berkumpul dengan orang-orang awam dan berkumpul di masjid. (HR. Ahmad).


Hikmah Bergaul dengan Orang yang Shaleh

Mengubah syak menjadi yakin.
Mengubah riya menjadi ikhlas.
Mengubah lalai menjadi ahli dzikir.
Mengubah cinta dunia menjadi cinta akhirat.
Mengubah sombong menjadi tawadhu.
Mengubah akhlak buruk menjadi akhlak mulia dan suka menerima nasihat.

Setia Kawan

إِنَّ أَحَدَكُمْ مِرْأَةُ أَخِيْهِ فَإِذَا رَأى فِيْهِ شَيْأً فَلْيُمِطْهُ عَنْهُ.

“Sesungguhnya salah seorang di antara kalian adalah cermin saudaranya (temannya); jika melihat sesuatu (keburukan) padanya maka hendaklah membersihkannya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Jangan Berkhianat

أَللّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ خَلِيْلٍ مَاكِرٍ, عَيْنَاهُ تَرَيَانِيْ, وَقَلْبُهُ يَرْعَانِيْ, إِنْ رَأَى حَسَنَةً دَفَنَهَا, وَإِنْ رَأَى سَيِّئَةً أَذَاعَهَا.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekasih/teman yang khianat, kedua matanya selalu memandangku tetapi hatinya berpaling dariku. Apabila melihat kebaikanku ia menyembunyikannya, dan apabila melihat keburukanku ia menyiarkannya.” (HR. Ibnu Najjar).

Sabar dalam Bergaul

أَلْمُؤْمِنُ الَّذِيْ يُخَالِطُ النَّاسَ وَيَصْبِرُ عَلى أَذَاهُمْ خَيْرٌ مِنَ الَّذِيْ لأَ يُخَالِطُ النَّاسَ وَلأَ يَصْبِرُ عَلى أَذَاهُمْ.

“Seorang mukmin yang bergaul dengan orang lain dan ia bersabar atas gangguan mereka adalah lebih baik daripada orang yang tidak suka bergaul dan tidak suka sabar atas gangguan orang lain.” (HR. Ibnu Majah).

Wallahua'lam

Related Posts:

1 Response to "Teman Bergaul"

  1. numpang promote ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete